Selamatan Desa Pesanggrahan 2012

Posted on Updated on

Gayeng dan Meriah, meski Kepala Desa menyatakan bahwa Selamatan Desa tahun dilaksanakan dengan sederhana, ternyata Kegiatan yang telah dilaksanakan Kemarin (Sabtu : red) berlangsung dengan meriah dan penuh kekidmatan. Dimulai dengan Khotmil Qur’an dimulai Pagi hingga selesaiyang dilaksanakan di Balai Desa Pesanggrahan, berikutnya Selamatan di Bedah Kerawang Desa Pesanggrahan Mbah Ageng Maimunah Mayangsari yang terletak di Dusun Srebet Barat, selepas Maghrib dilanjutkan Tasyakuran dan Selamatan di Rumah Bapak Kepala Desa Anam Suyanto, dihadiri hampir 3oo orang, baik Pengurus lembaga desa maupun mayarakat sekitar yang ingin dan ikut merayakan selamatan Desa kali ini.

Menurut Ketua Panitia, Bapak Modin Minanur Rohman, bahwa pelaksanaan Selamatan Desa Kali agak berbeda dengan tahun tahun sebelumnya, dimana ditiadakannya arak-arakan tumpeng dan menyatukan dalam satu malam saja adalah bahwa dalam kesederhanaan kita tidak meninggalkan kebiasaan – kebiasaan dan pakem dalam tiap ritual selamatan desa. Tumpeng Bulu bekti masyarakat tetap dijalankan walau tanpa diarak. meski tak lupa beliau memohon maaf kepada seluruh warga masyarakat Desa Pesanggrahan atas kesederhaan Selamatan Desa Kali ini, tetap diupayakan adanya hiburan dan kegiatan pendukung yang bisa dilaksanakan selepas Pemilihan Kepala Dusun.

Kreatifitas warga Pesanggrahan tak terbendung meski terbungkus sederhana, tampil kemarin Kelompok Sholawat Al-JAVANA, berisikan anak muda-muda yg tampil dengan Sholawat Nabi dengan Terbang dan Full band. Komunitas Karawitan MAYANGSARI, pimpinan Ibu Soenlikah tak ketinggalan dengan langgam dan tembang nya khas Selamatan Desa.

Bapak Anam Suyanto dalam sambutanya berdoa untuk kemakmuran, kebaikan dan kemajuan Desa Pesanggrahan, dijauhkan dari Bala’ dan Musibah dan dimudahkannya dalam mencari Rizqi baik sandang, pangan, papan.

Sementara itu Bapak Camat Batu yang hadir berserta Bapak Kapolsek  dalam sambutannya, juga berharap dengan kegiata selamatan desa akan semakin terbina kerukunan antar warga dan menjaga keamanan di lingkungan, dalam menciptakan Kota Batu sebagai sentra pariwisata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s