Dinamika baru …. Perangkat Desa “ingin” jadi PNS

Posted on Updated on

NKRI…
Manakala Desa maju, maka Negara maju. Manakala Desa tertinggal oleh kemajuan, maka Negara langkahnya pincang.
Menjadi penting Pemberdayaan lebih maksimal terhadap Desa. Pemerintahan Desa sebagai ujung tombak Pemerintahan RI (agen of change) dalam rangka pemberdayaan Desa adalah menjadi kunci utama.
Agar pelayanan masyarakat dan pengabdian kepada negara lebih terfokuskan, maka Pemerintahan Desa seyogyanya diperjelas ‘status’-nya sebagai PNS….
Prolog dari Facebook PPDI

Sebuah dinamika baru, ketika perangkat desa, garda depan pelayanan publik dari pemerintahan terkecil di Indonesia raya ini, berbondong-bondong demo ke DPR sampai berulang 3 kali (yang terakhir tanggal 12 April 2010) menuntut peningkatan kesejahteraan mereka setelah sekian lama hanya dijanjikan untuk menjadi PNS. sesederhanakan itukah untuk menjadi PNS? sebuah wacana telah bergulir … ada pro dan ada yang kontra …. sebuah dinamika atas perputaran roda jaman.

berdasarkan UU No. 32/2004, APBN hanya berhenti di tingkat Kabupaten/Kota, sehingga untuk Desa tidak ada lagi. Tidak ada APBN yang langsung masuk ke Desa, sehingga kalau ada kepentingan Desa harus masuk ke APBD Kabupaten terlebih dahulu. dalam perundangan tersebut banyak pemerintah daerah yang “beralasan defisit anggaran” sehingga kesejahteran perangkat desa menjadi semakin “terpinggirkan”

Saat ini, berdasarkan UU No. 32/2004, pemerintahan desa merupakan pemerintahan yang otonom, sesuai dengan nilai-nilai dan budaya masing-masing daerah. Berarti perangkat desa merupakan bagian dari pemerintahan kabupaten yang berdasarkan undang-undang tersebut bersifat otonom, yang di masing-masing daerah punya karakteristik berbeda satu sama lain. ”Amanat undang-undang dasar ini harus kita perhatikan. Kalau konsep ke depan sudah jelas, soal perangkat desa harus PNS itu, sebenarnya bisa disikapi dengan baik,”

komentar Mendagri Mardiyanto

Wacana telah bergulir, banyak opini yang menyertai … sampai pula dibuat tempat diskusi di dunia maya, memanfatkan Facebook untuk bisa mempersatukan para perangkat desa se-Indonesia, bahkan sampai ada lebih dari satu tempat untuk sharing dan diskusi mengenai hal-hal tersebut

PPDI (PERSATUAN PERANGKAT DESA INDONESIA) DUKUNG PERANGKAT DESA JADI PNS

PERANGKAT DESA JADI PNS

bagaimana dengan anda … ???

2 thoughts on “Dinamika baru …. Perangkat Desa “ingin” jadi PNS

    Paxcha said:
    14 April 2010 at 22:42

    “Sabar…sabar…sabar dan tunggu….” [album bang Iwan Fallz] ; seharusx n’ sewajibx Pemerintah Pusat memperhatikan dg amat sangat serius tuntutan rekan2 perangkat desa bukan malah djadikan polemik yg melebar kmana2 ; sdh saatx DPR membikin Produk2 Hukum yg jelas dan mengatur ttg kepentingan desa dg Otonomi aslix ; berapa sih Produk Hukum ttg Desa yg sdh dterbitkan oleh Wakil Rakyat kita? “toh ini hanya sebutir dari REVOLUSI” [kata Bung Karno]

    Bogy Harseno said:
    24 May 2010 at 18:29

    Banyak yg trkandung dalam tuntutan ini. Yg apriori dan dangkal pasti hanya berpikir bahwa PPDI hnya berjuang demi “urusan perut” atau kesejahteraan. Pahamkah bila dalam status PNS ada juga penghargaan atas prestasi dan masa kerja? Paham jugakah apabila ada fasilitas pengembangan diri maupun pendidikan di dalam status PNS?
    Mampukah kita tuntut hal itu bila masih berstatus spt ini?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s